counter

Gebyar Tahpidz Mencintai Al Qur’an Usia Dini Sekaligus Mencari Bibit

Pasaman-mediakoreksi.com —
Dalam rangka mencari dan melahirkan bibit-bibit para Hapiz Hapizah di Pasaman Para Kelompok kerja guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kecamatan Padang Gelugur Pasaman menyelenggarakan Gebyar Tahpidz Qur’an dengan melibatkan ratusan siswa sekolah dasar di daerah itu.

Kegiatan itu dipusatkan di SD 15 Sontang Nagari Sontang Cubadak Kecamatan Padang Gelugur Pasaman Rabu 28 November 2018 dengan tema “menyongsong generasi cinta Al-qur’an dan berahklak mulia.

Dalam kegiatan tersebut tidak hanya dimeriahkan para tenaga pendidik. Namun, dimeriahkan ratusan masyarakat di daerah itu.

Sebanyak 21 sekolah ditambah 1 sekolah dasar muhammadiyah (SDM) ikut dalam mensukseskan acara tersebut, masing-masing sekolah mengutus 12 orang siswa untuk dipertandingkan pada saat kegiatan tersebut.

Ada tiga kategori yang dinilai oleh dewan juri selain hapalan yang baik, tajuid beserta mahroz bacaan juga menjadi kunci penilaian bagi dewan juri.

Ketua KKG PAI kecamatan Padang Gelugur Pasaman Nurhalimah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut andil dalam mensukseskan kegiatan keagamaan tersebut. “Khususnya kepada KKG PAI kecamatan Padang Gelugur,” katanya.

Gebyar Tahpidz Qur’an kata dia merupakan pelaksanaan tahun ke tiga pada tahun 2018 ini. Selain untuk mewujudkan dan mendukung salah satu visi-misi Pemda Pasaman yakni Agamis pihaknya giat melakukan acara tahunan tersebut untuk menjaring para hapiz dan hapizah yang berkualitas dan berakhlakulkarimah.

Pihaknya juga sangat mendukung program starategis yang telah dicanangkan pemda Pasaman yakni pelajaran tahfiz Al’qur’an sebagai pelajaran tambahan bagi sekolah dasar di daerah itu.

“Alhamdulillah program tersebut terus kita terapkan dan hasilnya anak didik kita sudah banyak hapalan Al-qur’annya, dan itu terbukti salah satu anak didik kita dari SD 15 Sontang Cubadak mendapat Juara Harapan Hapizah tingkat anak-anak pada MTQ tingkat Kabupaten Pasaman yang diselenggarakan di Kecamatan Dua Koto kemarin,” jelasnya.

Dalam kegiatan itu pihaknya memberikan penghargaan berupa piala, piagam dan tabanas kepada Juara l,ll dan lll.

Sementara Harapan l dan ll pihaknya memberikan uang tabanas sebagai motivasi bagi anak didik dalam membaca, menghapal dan memaknai isi dari kandungan ayat suci Al-qur’an.

Ia berharap kepada para guru, para tenaga pendidik lainnya dan khususnya kepada orang tua agar sama-sama mendukung dan mengarahkan agar anak-anak didik mencintai Al-qur’an dan memahami kandungan ayat isi Al-qur’an.

Disisi lain Sekcam Padang Gelugur Edi Sopyan sangat mengapresiasi kegiatan keagamaan yang telah di gagas oleh Kelompok Kerja Guru PAI tersebut.

“Acara ini sangat bagus dan menarik, sesuai nawacita Bupati kita Yusuf Lubis, bahkan menurut saya Kecamatan Padang Gelugur yang baru menyelenggarakan kegiatan keagamaan seperti ini,” katanya.

Mudah-mudahan kata dia dengan digelarnya acara tersebut mampu melahirkan para generasi cinta qur’an dan melahirkan para hapiz-hapizah yang baik dan berkualitas nantinya.
( Ewin)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *