counter

KPU Pesisir Selatan Tegaskan Sudah Siap Melaksanakan Pilkada Serentak

Painan-mediakoreksi.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan telah melaksanakan tahapan demi tahapan sudah dipersiapkan secara baik. Salah satunya verifikasi faktual dan pendataan ke rumah pemilih.

Saat kunjungan tim www.kupasnews.com ke Painan, Selasa (30/6/2020) Ketua KPU Negeri Sejuta Pesona Epaldi Bahar, M. Si mengatakan, sejauh ini insyaAllah kita siap 100 persen untuk diselenggarakan pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang. Tentunya berdasarkan tig kelompok alasan kesiapan tersebut.

Apa saja yang tiga itu katanya, pertama kesiapan regulasi, kedua kesiapan anggaran dan kesiapan sumber daya manusianya, terang Epaldi.

” Regulasi untuk tahapan pilkada tersebut sesuai dengan PKPUnya dan dilaksanakan 9 Desember 2020,” beber Epaldi.

Lebih jauh di paparkannya, sesuai dengan peraturan KPU tentang pelaksanaan dan bagaimana sisa tahapan di suasana covid 19 ( pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun). Kemudian, disaat kampanye peserta dibatasi hanya 20 sampai 25 orang dibolehkan apabila calon mengumpulkan orang dan itupun di bolehkan pada lembaga ruangan studio penyiaran, tegas Epaldi Bahar.

Kemudian, soal anggaran sudah klop dari dana hibah dengan jumlah yang memadai sesuai perhitungan TAPD dan tidak ada penambahan lagi. Sebab, juga tidak adanya penambahan TPS, pungkas ketua KPU dua periode kepada media.

Terkait anggota Panitia Pemungutan Suara, lanjut Epaldi, pihaknya telah melaksanakan rapid test terhadap 542 orang di 15 Kecamatan bekerjasama dengan RSUD M. Zen Painan, dimulai dari Kecamatan Koto XI Tarusan sampai ke Kecamatan Silaut dan hasilnya non reaktif (negatif).

“Semua PPS yang ada mengikuti rapid test , agar di lapangan nanti tidak ada kendala dalam melaksanakan verifikasi faktual calon kepala daerah perseorangan yang akan berlangsung selama 14 hari kedepan, juga menghindari saksangka dan kecemasan masyarakat,” terang Ketua KPU Epaldi

Epaldi berharap, insyaAllah dalam waktu dekat juga akan dilakukan rapid test kepada petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) sebanyak 1.100 orang. Harapan kita semua yang di rapid semoga hasilnya non reaktif. Jika hasilnya demikian, tentunya semakin percaya diri dalam pelaksanaan pilkada serentak.

Kita menghimbau kepada masyarakat, agar melayani petugas verifikasi faktual KPU Kabupaten Pesisir Selatan dengan baik. Tidak usah khawatir akan terpapar covid 19, sepanjang kita tetap menjalankan protokol kesehatan yang ada, imbau Epaldi Bahar.

“Setiap tahapan yang dilaksanakan dalam Pilkada serentak tahun 2020 ini, sudah mengikuti protokol penanganan Covid-19. Kemudian, kita juga akan rapid tes sebanyak 9900 orang petugas KPPS, semoga hasilnya juga non reaktif,” pintnya. (hr1)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *