counter

Pemko Padang dan Bappeda Kota Padang Gelar Musrembang

Padang-mediakoreksi.com- Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Padang tahun 2020.

Musrenbang yang dilangsungkan di Hotel Pangeran Beach selama dua hari (28-29/3/2019) itu, untuk menyempurnakan penyusunan RKPD tahun 2020 yang telah dibahas pada Forum Perangkat Daerah beberapa waktu lalu. Dimana untuk tema yang diangkat yakni, “Penyediaan Infrastruktur Kota dan Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Berkualitas”. Hadir dikesempatan itu Wakil Wali Kota Padang terpilih Hendri Septa, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra, unsur Forkopimda, para pimpinan OPD, camat dan lurah se-Kota Padang serta pemangku kepentingan dan stakeholder terkait.

 

Wali Kota Padang Mahyeldi mengatakan, pelaksanaan Musrenbang RKPD Kota Padang adalah bagian dari proses sistem perencanaan pembangunan yang dilaksanakan setelah Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan dalam rangka mewujudkan sinkronisasi dan harmonisasi perencanaan pembangunan daerah.

“Hal ini sejalan dengan amanah Undang-undang no. 23 tahun 2014, bahwa pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya menyusun rencana pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan nasional dan provinsi Sumatera Barat. Yaitunya dengan menggunakan pendekatan teknokratik, partisipatif, politis, serta atas bawah (top down) dan bawah atas (bottom up),” jelasnya sewaktu membuka Musrenbang, Kamis (28/3).

Dia melanjutkan, melalui pelaksanaan Musrenbang RKPD Kota Padang Tahun 2020, tentunya diharapkan dapat dirumuskan program kegiatan yang partisipatif dan selaras dengan prioritas pembangunan nasional dan provinsi sesuai dengan amanah Undang-undang. Bahwa penyelenggaraan pemerintah daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Yaitunya melalui peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik serta daya saing daerah.

“Tahun 2020 nanti merupakan tahun pertama pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang 2019-2023. tentunya dokumen RKPD tahun 2020 mampu mengakomodir visi, misi dan program unggulan (Progul). Hal ini sesuai dengan Permendagri Nomor 22 Tahun 2018 tentang Penyusunan RKPD,” tambah wako.

Lebih lanjut dijelaskan Mahyeldi, sesuai komitmennya bersama Wakil Wali Kota Padang terpilih Hendri Septa bahwa di tahun 2020 akan mewujudkan visi yakni “Mewujudkan Masyarakat Kota Padang yang Madani Berbasis Pendidikan, Perdagangan dan Pariwisata Unggul serta Berdaya Saing” yang dijabarkan kepada 7 Misi.
“Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut akan di fokuskan pada 11 Progul,” cetus wali kota mengakhiri.

Sementara Kepala Bappeda Padang Medi Iswandi menuturkan, tujuan Musrenbang RKPD ini antara lain menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati prioritas pembangunan daerah serta menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi. Kemudian penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi sekaligus klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan kota berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan.

“Untuk sasaran yang hendak dicapai adalah, penajaman dan klarifikasi terhadap rencana kerja (Renja) perangkat daerah dan antar perangkat daerah dan menerima masukan dari seluruh utusan kecamatan dan stakeholder terkait untuk penyempurnaan rancangan RKPD Kota Padang menjadi rancangan akhir RKPD Kota Padang Tahun 2020.”

“Selanjutnya meraih kesepakatan antara perangkat daerah dengan stakeholder terkait tentang program dan kegiatan prioritas daerah dalam pencapaian prioritas pembangunan Kota Padang tahun 2020. Lalu untuk mendapati usulan rencana program kegiatan pemerintah daerah dengan program prioritas pembangunan nasional yang ditetapkan untuk diusulkan pada RKPD provinsi dan RKPD tahun 2020,” urainya.

Di akhir pembukaan kegiatan, dilakukan penyerahan piagam penghargaan dan hadiah kepada 3 kecamatan terbaik penyelenggara Musrenbang RKPD Tahun 2020 Tingkat Kecamatan se-Kota Padang. Terbaik I Kecamatan Kuranji, Terbaik II Kecamatan Nanggalo dan Terbaik III Kecamatan Padang Utara.(****)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *