counter

Polda Sumbar Gelar Pres Rilis Akhir Tahun 2019

Padang,mediakoreksi.com– Bertepatan pada pergantian tahun baru (31/12/2019) Polda Sumbar menggelar pres rilis akhir tahun di halaman Mapolda Sumatera Barat.

Pres rilis akhir tahun merupakan rutinitas yang dilakukan oleh Polda Sumbar untuk mengetahui jumlah tinggkat kejahatan yang ada di Sumbar dari tahun ketahun.

Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, SH selaku Kapolda Sumbar yang baru saja dilantik beberapa waktu lalu menjelaskan beberapa kasus kejahatan yang terjadi diwilayah hukum Polda Sumbar “selama tahun 2019 untuk seluruh kejadian kriminalitas secara umum mengalami penurunan, termasuk kasus-kasus yang bersifat khusus, hanya yang menonjol masalah kasus pencurian pemberatan, curanmor dan penipuan ini termasuk dalam trend image”, sebutnya.

“Dilihat dari pemetaan kerawanan di seluruh wilayah Sumatera Barat, dominasi kejadian kriminalitas dari tahun 2018 – 2019 ini secara umum mengalami penurunan, ini terjadi di Polresta Padang, kemudian di peringkat kedua itu ada di Polres Pesisir Selatan dan ketiga di Bukittingi”, ungkapnya.

Selanjutnya khusus kasus narkoba 2018 dibanding 2019 dari jumlah penegakan hukum memang turun 1,6% yang diungkap, dan dari tersangka yang ditangkap juga turun 2 % , dari 1273 menjadi 1222. Kemudian dominasi barang bukti ini, ganja 336 kg, sedang jenis sabu-sabu 17,46  tahun 2019 dan di tahun 2018 sebanyak 12,20 kg”, terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda juga menyampaikan tentang kejadian bencana alam selama tahu 2019, yang terjadi seperti banjir dan tanah longsor dan lainnya, memang ada peningkatan, sebanyak 63 bencana pada tahun 2019. Sedangkan untuk kecelakaan lalu lintas tahun 2019 turun 9.97 %, tapi yang meninggal naik 10%”, jelasnya.

Pres rilis akhir tahun kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, yang mana kapolda Sumbar menggelar jumpa pers dengan awak media di halaman Mapolda Sumbar pada malam hari sekaligus pelepasan personil untuk pengawasan serta pengamanan malam Tahun Baru, kemudian dilanjutkan makan malam bersama dengan awak media. (Rita)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *