counter

RA Ikhlas Siap Jadi Sekolah Sehat Se Kota Padang

Padang-mediakoreksi.com- Di Kota Padang penyambutan warga Raudhatul Athfal (RA) Ikhlas, Komplek Madrasah Terpadu, Jl. Gn. Pangilun, Kec. Padang Utara, terhadap tim penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) mengagumkan. Anak anak usia dini itu, menari pasambahan, menyuguhkan siriah dalam carano kepada rombongan tim II penilai LSS tingkat kota Padang, serta mempersilahkan masuk. Pada kesempatan itu juga hadir Drs. H. Syamsul Arifin, M, Pd Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Kamenag Kota Padang, Camat Padang Utara, Jumat (4/10/2019).

Syamsul Arifin, mewakili Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumbar menyampaikan rasa bangga, karena pada tahun 2019, dua institusi pendidikannya mengikuti LSS, yakni TK Ikhlas dan MTsN 6. Untuk itu kepada tim penilai yang diketuai Agustina, SH,MM dengan anggotanya, lihatlah TK Ikhlas, berikan nilai yang objektif, kritiklah, serta berikan pula masukan untuk membenahinya sesuai dengan indicator penilaian.

RA Ikhlas murni dikelola Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar yang dicetuskan pertama kali pada akhir 1984. RA. Ikhlas didirikan bertujuan membantu meletakkkan dasar perkembangan sikap perilaku anak anak didik, menghayati dan mengenalkan agama Islam serta menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Visi RA Ikhlas adalah terwujudnya anak yang sehat, cerdas, berprestasi dalam menumbuhkembangkan kemampuan dasar anak pada usia dini dan berakhlak mulia, ucap Syamsul Arifin.

Dan proses pembelajaran yang dikembangkan bermain sambil belajar. Suasana belajar-mengajar, para guru menyanyangi anak anak didik, sehingga menimbulkan nyaman dan menyenangkan bagi semua murid-murid dio dalam dirinya. Sedangkan materi ajar yang disampaikan para guru berinteraktif, bercirita dan lain sebagainya.

Sementara Ketua Tim Penilai II LSS Kota Padang Agustina, kagum dan tersenyum melihat penyambutan murid RA Ikhlas yang berjumlah 219 orang, serta 55 dokter kecil (Docil). Semua menyalami dan menciumi tangannya. Telah tertanam etika santun. Semua ceria, dan mampu melantunkan ayat suci Alqur’an dengan baik.

Kata Agustina yang juga Kasubag Pendidikan Dan Budaya, Bagian Kesra Pemko Padang itu, penilaian lomba sekolah bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kebiasan hidup sehat para murid. Adanya program sekolah sehat dapat menurunkan angka kesakitan anak di sekolah, peningkatan kesehatan peserta didik, baik fisik, mental dan social serta melaksanakan prinsip-prinsip hidup sehat di sekolah. Dan memotivasi sekolah sekaligus penguatan UKS di setiap sekolah.

Sekolah bersih, indah, asri tertib, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dalam kerangka mencapai kesejahteraan lahir dan batin setiap warga sekolah. Ruang kelas, ruang kepala sekolah, guru, ruang perpustakaan, toilet, kantin, harus bersih dan rapi setiap hari. Sebab semua aspek itu turut dinilai. Kemudian lingkungan sekolah juga harus bersih, indah, dan memiliki penghijauan yang enak dipandang. Kemudian, tempat pembuangan dan pengelolaan sampah serta air bersih terkontrol. Kantin dan petugasnya harus bersih dan rapi serta menyediakan menu yang gizi. Makanan jajanan yang dijual dikantin harus sehat.***




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *