counter

SMK SMTI Padang siap bersaing Menjadi Sekolah Sehat Se Kota Padang

Padang-mediakoreksi.com– Agustina, SH.MM Ketua Tim II penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) Kota Padang bersama rombongan menilai tiga sekolah, SDN 29, Danau Cipago Purus, SMTI, di jalan Juanda dan SMPN 2 Padang. Semua objek pantau, telah dilihatnya, ada beberapa yang harus dibenahi, Senin (9/10/2019).

Maka ia menyarankan supaya meletakkan segala sesuatu pada tempatnya, sehingga sedap dipandang. Dan kebersihan, keindahan ruang belajar, ruang guru, kepala sekolah, kantin harus selalu terjaga dengan baik, tak boleh berdebu. Sebab tujuan penyelenggaraan penilaian Lomba Sekolah Sehat (LSS) yakni untuk membangun kebiasaan perilaku yang sehat bagi warga sekolah.Dan mendorong masyarakat untuk berusaha mewujudkan sekolah yang sehat, sekaligus membangun kebiasaan-kebiasaan sehat di lingkungan sekolah, ujar Agustina, SH.MM.

“Kalau penialaian LSS tingkat Kota, masih ada pembinaan, makanya diberi tahukan segala kekurangannya, seperti ruang kepala sekolah belum memiliki toilet segera dilengkapi, arena tanaman toga yang masih kurang, dan beberapa hal lainnya. Setelah itu dan Logo Trias UKS, warna agar diperbaiki, ” sebut Agustina yang sehari akrab dengan sapaan Tin itu.

Nanti kalau tim penialai dari tingkat provinsi Sumbar, maupun nasional tak ada lagi pembinaan, dirabanya berdebu, melihat puntung rokok dan lain sebagainya lansung jadi catatan. Makanya butuh keseriusan kepala sekolah sebagai pimpinan menggerakan semua kegiatan UKS ini. Tak bisa bim salabim saja, ucap Agustina.

Menurutnya, Agustina yang juga Kasubag Pendidikan Dan Budaya pada Bagian Kesra Pemko Padang, LSS dilakukan terus menerus untuk menyelamatkan generasi usia sekolah dari berbagai ancaman penyakit di lingkungan sekolah. Sebab sekolah sehat merupakan salah satu pembinaan yang diwujudkan Trias Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Trias UKS diharapkan dapat membentuk perilaku anak-anak untuk hidup sehat.

Jadi, dengan adanya pembinaan kehidupan yang sehat dapat meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan prestasi belajar siswa, meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, menciptakan lingkungan sehat. Dan tujuan utama dari lomba sekolah sehat yakni adanya upaya pembinaan dan pengembangan UKS, serta sebagai evaluasi kegiatan pembinaan kerjasama dengan Puskesmas, pungkasnya.

Senada dengan itu Kepala Sekolah SMK SMTI Padang Dra. Zulhaida yang di dampingi Wakil kesiswaan Effendi, Ildefniza selaku wakil manajemen mutu, Dedi gusmanto PPID dan Adtri Mulia
sebagai Penangung jawab UKS.

Semenjak kami mendapat surat dari Camat Padang Barat diminta untuk mewakili Lomba sekolah sehat di tingkat Kota Padang Dari situ kami mulai melakukan persiapan dan berbebenah, kata Zulhaida di ruang kerjanya (14/10/18)

” Serta melengkapi prasana dan sarana apa yang akan diperlombakan nanti sesuai arahan dari Puskesmas Padang Pasir”, jelasnya.

Harapan kami dengan masuknya SMK SMTI Nominasi lomba sekolah sehat ini semoga bisa membawa suatu perubahan yang baik kedepannya nanti. Juga bisa menjadi sekolah terbaik yang bisa diperhitubnkan, tandasnya.

Kemudian disambung oleh Effendi selaku wakil kesiswaan, mulai kami mendapat binaan dari puskesmas Padang Pasir dari situ kami mulai melengkapi untuk penilaian nanti. Seperti ruangan dan lingkungan yang harus bersih.

Kami juga mulai membenahi ruangan UKS yang mana biasanya ruangan UKS itu hanya untuk tidur tetapi sekarang tidak lagi. Karena ruangan UKS sekarang harus rapi bersih dan lengkap obat-obatan seperti kotak P3K, ungkapnya. (SRP)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *